About Me

Foto saya
seorang mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi Univ.Muhammadiyah Malang, yang baik hati, pekerja keras & murah senyum..:)..:D

Nasi Kuning Khas Manado

Nasi kuning yang terdapat di kota Manado, berbeda dengan nasi kuning yang ada di kota-kota lain. Nasi kuning Manado bumbunya lebih sedikit dari nasi kuning di kota lain, hanya menggunakan : santan, kunyit,  sereh dan daun jeruk yang banyak, sedikit daun pandan dan  jangan lupa diberi air jeruk nipis sedikit. Ingat yah jangan pake daun salam & lengkuas. 
Biar tambah oke dan enak, daun jeruknya yang banyak dan kalau bisa berasnya dikukus dulu (sampai agak lunak) di dandang sambil disiram sedikit air beberapa kali, baru setelah itu dimasukan ke panci yang berisi santan, garam, air parutan kunyit, sereh, sedikit air jeruk nipis, daun pandan dan daun jeruk di aduk sampai air habis (menjadi lembek dan mekar), kemudian pindahin ke dandang lagi.
Masak nasi kuning dengan cara ini jauh lebih enak daripada pake rice cooker, nasinya jadi tidak lembek dan tidak bergumpal-gumpal.
http://farm3.static.flickr.com
Berbeda dengan nasi kuning yang saya kenal, nasi kuning satu ini lauknya bukan daging ayam, tapi ikan cakalang (tuna) suwir serta daging sapi.  Jadi lengkapnya, nasi kuning ditaburi cakalang, tumis daging sapi, kering kentang dan telur rebus (bukan dadar) ditambah sambal pedas. Perkedel jagungnya juga beda, jagungnya masih utuh pipilannya dan biasanya tidak pake daun bawang, tapi pake irisan cabe merah. yummy...

Selain rasa dan lauknya, yang khas dari nasi kuning Manado yaitu pada pembungkusnya. Bungkusan nasi kuning Manado tidak menggunakan kertas nasi atau daun pisang, melainkan menggunakan daun lontar. Dengan menggunakan bungkusan dari daun lontar, rasa nasi kuning Manado menjadi semakin lezat dan unik.
http://www.wikimu.com                                
Salah satu rumah makan yang menjual nasi kuning khas Manado ini adalah Kios Nasi Kuning Saroja, yang terdapat di Jalan Teling, pusat kota Manado.  Kios Nasi Kuning Saroja di Manado sudah ada sejak tahun 1970-an. Dibuka dari pukul lima subuh hingga pukul sepuluh malam, Kios Saroja setia melayani warga Kota Manado dan sekitarnya dengan menu nasi kuning spesial dengan harga Rp 11.000 /porsi. Nasi Kuning Saroja sangat digandrungi warga Manado dan sekitarnya, sejak dibuka pagi hari tidak henti-hentinya masyarakat datang makan langsung ditempat ini atau dibungkus.
Share this post!
Facebook Delicious Digg! Twitter Linkedin StumbleUpon Technorati Google Bookmarks Mixx Yahoo! Newsvine

comment 1 komentar:

Fad mengatakan...

Saya beli nasi kuning saroja buat dibawa ke jakarta, perlu dipanasi atau langsung makan aja? Tahan berapa lama yah nasi kuningnya?

Posting Komentar

Kalau Berkunjung, jangan lupa beri komentarnya ya,,
You Comment..I Comment..
You Follow, I'll Follow Back..Okaaay..!! :)

Delete this element to display blogger navbar

 
© 2010 Manado 4ever \m/ is proudly powered by Blogger